death…..

dua orang sahabat sedang berbincang…

“kepergian apa yang  tiba-tiba hingga membuat cukup banyak orang merasa sedih…”, dia bertanya.

“kematian”, jawab temannya.

“kenapa begitu?? darimana kau bisa menyimpulkan seperti itu??”, dia kembali bertanya.

“karena apabila hanya pergi ke luar kota atau keluar negeri sekalipun asal kita pulang dengan selamat , tidak ada yang bersedih justru sangat senang bisa bertemu lagi, sedangkan kematian adalah kepergian yang tidak akan pernah bisa kembali untuk berjumpa atau sekedar kirim sms..”, jawab temannya.

“tapi bukan berarti kematian justru untuk mendatangi hidup baru seperti keyakinan reinkarnasi?? atau menurut agama yang mayoritas di anut di dunia, kematian adalah jalan menuju kehidupan abadi dimana kita akan menunggu hingga gerbang kehidupan abadi tersebut datang menghampiri semua orang baik yang telah mati atau yang masih menikmati dunia??”, kembali bertanya dia.

“itu bisa diterima tapi bagi orang-orang yang di tinggalkan, hal itu sulit untuk bisa diterima karena sebagian besar mereka yang di tinggalkan sangat menyayangi orang yang meninggalkan mereka… terkecuali mereka tau apa yang akan terjadi kelak pada orang yang meninggalkan mereka, tapi itupun masih cukup sulit untuk mereka terima karena mereka sangat berat untuk melepasnya…”, jawabnya lagi.

“kalau seperti itu berarti mereka tidak ikhlas di tinggalkan dunk… itu justru sangat memberatkan yang pergi… ingatlah bahwa semua yanga ada di dunia ini adalah milik Sang Pencipta dunia ini jadi Dia berhak untuk mengambil kembali apa yang memang milik-Nya, kita cuma di pinjami sementara hingga menurut Dia kita sudah bisa mandiri tanpa adanya milik-Nya… bukan begitu??”, tanyanya kembali.

“benar juga sih,… tapi kan kita juga tidak bisa seperti itu saja tanpa memperhatikan perasaan orang-orang yang di tinggalkan… setidaknya kita harus menghibur mereka yang ditinggalkan..”, jawabnya lagi.

“nah ini… bukankah itu sudah terdapat dalam tuntunan hidup pada semua agama, bahkan dalam adat istiadat budaya kita juga mengenal acara yang namanya 1 hari,2 hari, 3hari, 7 hari hingga 40 hari… pada saat itulah kita sebagai umat beragama harus saling menghibur satu sama lain sekalipun berbeda agama bukanlah hambatan bwt kita untuk menghibur mereka… setuju??”, kata dia.

“setuju dalam hal menghibur saudara yang sedang tertimpa musibah… kembali pada hal kematian, pernah mendengar surga dan neraka?? apakah ada jaminannya bahwa kita secara otomatis masuk surga?? atau perlu masuk neraka dulu?? atau malah kita masuk neraka tanpa tau seperti apa surga itu???”, tanya temannya.

“saya pernah mendengar surga dan neraka, tapi sepengetahuan saya, karena saya juga menganut agama yang mayoritas di anut di dunia, kita pasti masuk surga tapi sebelumnya masuk neraka dulu untuk di bersihkan dari dosa-dosa yang pernah di perbuat di dunia, untuk lebih jelasnya lagi lebih baik bertanya kepada yang lebih mengerti tentang surga dan neraka…”, jawab dia.

“ooooo….. jadi seperti itu ya ketentuan yang terdapat dalam agama anda, lalu kita akan bertanya kepada siapa??”, tanya temannya kembali.

“kalau dalam agama yang saya anut, kita harus bertanya kepada tokoh-tokoh agama karena mereka lebih mengerti agama dari pada saya…”, jawab dia lagi.

“dimana saya bisa bertemu dengan tokoh agama seperti itu??”, tanya temennya.

“bisa di temuin di tempat-tempat ibadah atau di sekretariat tokoh-tokoh agama yang resmi dan diresmikan oleh pemerintah, dalam hal ini diresmikan oleh departemen agama.”, jawab dia kembali.

“oke… bisa antar saya kesana??”, tanya temannya.

“bisa tapi jangan hari ini, bagaimana lusa??”, jawab dia.

“baik lusa kita berangkat, kita mau janji ketemu dimana??”, tanya temannya lagi.

“biar saya menghampiri anda di rumah, bagaimana??”, tanya dia.

“baik, lusa saya tunggu kedatangan anda kerumah.”, jawab temannya.

“oke,… sampai ketemu lusa “, dia berkata.

“oke…”, temannya berkata.

akhirnya mereka mengakhiri pembicaraan mereka dan sepakat untuk berjumpa lagi lusa dan bersama-sama menemui tokoh agama.

Categories: real life | Tags: , , , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: