Teluk Kiluan

Ini sebenernya sangat telat mem-posting, karena kegiatannya sudah terlaksana dengan lancar di bulan mei kemaren. Tapi gapapa yah dari pada ga sama sekali..πŸ™‚

 

Dimulai dari keberangkatan dari kota Bandar Lampung menggunakan mobil menuju teluk kiluan yang kurang lebih menghabiskan waktu 3-4 jam, kalau menggunakan motor sih bisa 2 jam.πŸ™‚
Berhubung bawa orang banyak jadi ya naek mobil biar efisien.

 

Di awal perjalanan kita semua masih saling diam, jelas saja dari 7 org, 3 berasal dari Palembang dan 4 dari Bandar Lampung, jadi masih saling memperhatikan. Hingga saat makan siang barulah mulai ada percakapan, berhubung gw dan kedua temen ini sebagai guide mereka, jadi kita harus bisa membuat suasana se-nyaman mungkin. Selesai makan perjalanan dilanjutkan.

 

Sepanjang perjalanan ga banyak yang bisa di-explore, mungkin masih lelah karena paginya mereka baru sampai dari palembang dan langsung kita bawa ke kiluan, jadi bisa terbayang seperti apa capeknya mereka.

 

Begitu sampai di pondok di kiluan, mereka langsung mendokumentasikan kegiatan sore itu di teluk kiluan. Oya, pondokan ini disewakan dengan kisaran tarif 350rb-450rb tergantung jumlah kamar dan besarnya pondok. Lalu, mereka pun ikutan berenang di depan pondok, FYI, pondok kita memang berada di bibir pantai dan sore itu kondisi lagi pasang jadi bisa berenang di dekat pondok.
Selesai berenang langsung mandi dan menunggu makan malam datang.

 

Suasana makan malam mulai seru, ada candaan dan tawa2 kecil dari kita semua yang menikmati makan malam saat itu. Sesudah itu mendapat sedikit cerita masa lalu dari tetua di teluk kiluan dan jujur mendengar ceritanya sangat menarik di awal tapi lama kelamaan jadi mengantuk. Dan kita pun memutuskan untuk berjalan menyusuri pinggir pantai di malan hari.

 

 

Esok paginya, bangun sekitar jam 5 pagi biar bisa ikutan trip melihat lumba-lumba yang melintas di dekat teluk kiluan. Dengan menaiki 2 kapal berisi 3 orang, yang sebenernya bisa dinaiki 4-5 orang.

 

Kegiatan selanjutnya adalah bermain air di pulau kiluan, pulau yang terletak di depan teluk kiluan, disini pantainya masih bersih, pasir yang membentang indah di balut dengan jernihnya air laut yang mengharu biru disertai deburan ombak yang besar, maklum lokasi pulau berada dilaut lepas, jadi wajar ombaknya besar dan kalau mau snorekling-an harus ada yang menemani.
Selain itu terdapat gugusan karang di sebelah kanannya, jika menghadap pulau.

 

Di pulau ini terdapat pondokan yang terdiri dari kamar2 yang disewakan antara 150rb-200rb. Juga ada lokasi bagi yang ingin sekedar camping dengan biaya kebersihan sekitar 50rb. Bagi yang berjiwa petualang dan ingin menyatu dengan alam, pilihan untuk camping sangatlah cocok karena lokasi yang berada dekat bibir pantai juga di kelilingi oleh pepohon pantai yang sejuk.

 

Sepulangnya dari pulau kiluan, kami tracking menuju laguna yang diceritakan masyarakat sekitar. Trek menuju kesana pada awalnya menanjak dan masih bisa di lalui, tapi begitu sampai di puncak menanjak kita diharuskan menuruni jalan yang sangat terjal dengan kemiringan sekitar 45 derajat dan tanpa ada pegangan. Semakin mendekati dasar, semakin terjal kemiringannya. Tapi itu semua tidak sia-sia karena terbayar dengan pemandangan yang indah disertai gugusan karang. Bahkan ada karang bolong yang bisa di lalui air laut dibawahnya.

 

Selesai menikmati pemandangan disana dan berfoto2 ria. Kami pun kembali ke pondok untuk berberes karena siang itu kami harus kembali ke Bandar Lampung, karena paket wisatanya hanya untuk 2 hari 1 malam.

 

“NEGERI INI MEMILIKI BANYAK KEINDAHAN ALAM YANG HARUS DIJAGA, DAN ITU ADALAH TUGAS KITA”

This slideshow requires JavaScript.

Categories: jalan-jalan | Tags: , , , , , , , | 3 Comments

Post navigation

3 thoughts on “Teluk Kiluan

  1. Lumba-lumba! Jarang banget loh hewan itu nongol. Di Indonesia juga termasuk jarang. Hehehe

  2. Pingback: From Kiluan (should) with Love « Sinyo Adie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: