OSPEK !!

“LARI DEEKK !!!”

“CEPET DEEKK !!!”

OSPEK itu apa sih??”

Gw nulis ini bukan karena gw habis di ospek atau karena gw anak baru di sebuah unversitas, tapi karena gw ingin berbagi pendapat tentang ospek. “OSPEK” satu kata yang merupakan sebuah kegiatan perkenalan sebuah lembaga pendidikan kepada peserta didik baru. Sebagian banyak ospek ini identik dengan mahasiswa baru di universitas dan tidak dipungkiri mendengar kata ospek membuat sekilas pikiran memikirkan hal-hal negatif didalamnya. Seperti banyaknya penyiksaan yang akan dilakukan senior kepada juniornya, terkadang adanya pelanggaran HAM yang terjadi didalamnya. Iya, benar saja akibat banyaknya pemberitaan buruk mengenai ospek yang disertai ketakutan para orang tua terhadap keselamatan anak kesayangannya saat mengikuti kegiatan ospek di kampusnya.

Perlu diketahui bahwa ospek itu sendiri dasarnya bertujuan baik dan sangat membantu mahasiswa dalam melaksanakan perkuliahan bahkan saat menghadapi dunia setelah selesai menjadi mahasiswa. Dalam kegiatan ospek ditanamkan nilai-nilai keorganisasian, kebersamaan, juga tentang pentingnya mengembangkan kemampuan diri atau soft skills yang pastinya berbeda dengan lainnya dan bisa ditemukan saat mengikuti kegiatan ospek. Dalam ospek diajarkan tentang pentingnya merasa bersaudara antar teman se-angkatan, dengan senior dan bahkan dengan para alumni, karena dengan begitu kita bisa memperluas network pertemanan yang nantinya bisa kita rasakan. Memang dalam pelaksanaannya terkadang memainkan mental peserta dengan tindakan yang bervariasi sesuai dengan kultur kampusnya masing-masing.

Permainan mental ini bertujuan agar peserta memiliki mental yang lebih tahan banting dalam menerima tekanan sehingga saat kuliah bisa fokus untuk meyelesaikan kuliah dan mengembangkan minat dan bakatnya masing-masing. Tidak dipungkiri bahwa saat menjalankan kegiatan perkuliahan banyak sekali hal-hal yang bisa membuat mood dan semangat kuliah menjadi kendur dan banyak yang justru putus di jalan. Nah hal ini lah yang coba diantisipasi dengan memberikan tekanan mental meski sangat tidak akan bisa sama tekanan yang dirasakan saat kegiatan ospek dan kegiatan perkuliahan nantinya.

Selain itu, kegiatan ospek juga bertujuan untuk lebih mengakrabkan teman satu angkatan, menimbulkan rasa bersaudara supaya tercipta suasana kekeluargaan dan tidak menimbulkan batasan berdasarkan status sosial atau segala macamnya. Mengenal para senior atau bahkan alumni yang hadir, bukan bermaksud agar dihormati atau apapun itu, tapi tujuannya adalah agar nantinya ketika mereka perlu sebuah saran tentang perkuliahan atau bagaimana cara menghadapi dosen atau bahkan ketika mereka lulus dan membutuhkan pekerjaan, para senior dan alumni bisa membantu, entah bantu nasehat, bantu memberi info lowongan kerja atau bahkan memberikan pekerjaan. Bukan tidak mungkin kan???

Jadi, kegiatan ospek bukan merupakan sebuah kegiatan percuma atau kegiatan buruk juga bukan sebuah momok yang terjadi saat memasuki dunia perkuliahan tapi merupakan sebuah rangkaian yang harus dilewati seorang mahasiswa baru untuk menapaki dunia yang totally new buat mereka, karena mahasiswa bukan lagi siswa, dan kuliah bukanlah SMA kelas 4. Kuliah mengajarkan kita untuk lebih mandiri, jangan pernah berharap untuk di”suapi” lagi oleh para pengajarnya dalam hal ini dosen dan dalam kuliah, seorang mahasiswa dituntut untuk bisa mengembangkan soft skills yang mereka miliki agar kelak tidak hanya bergantung pada ijazah yang mereka miliki.

Dunia terus berputar dan zaman terus berubah, hidup terus berkembang, maka mari berjalan bersama dengan perkembangannya atau kau akan tenggelam.

HIDUPMU BUKAN HANYA KARENA KULIAHMU”

About these ads
Categories: real life | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,202 other followers

%d bloggers like this: