Dimana Muaramu Pilgub?

Akhir tahun 2013 media massa diributkan tentang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung. Bukan karena berlomba menunjukkan eksistensi para calon gubernurnya tapi lebih karena kepastian pelaksanaannya yang masih simpang siur, meski masih ada yang eksis memberikan awareness kepada masyarakat dengan berbagai acara dan baleho di tiap sudut kota. Tapi apakah hanya terjadi di ibukota provinsi saja atau memang di seluruh kabupaten/kota yang ada di Lampung.

Saat tulisan ini terbit, saya memang tidak mengecek semaraknya promosi para calon gubernur di luar kota Bandar Lampung. Namun info mereka selalu nampak di media massa dan seringnya kesemarakannya hanya terjadi di ibukota provinsi, terlebih dari sekian banyak yang mengajukan diri sebagai calon gubernur hanya 1 yang aktif mengadakan berbagai kegiatan dan itu pun sering hanya di ibukota. Mulai dari konser musik, pentas kesenian daerah, hingga mencontek gelaran keliling jalanan protokol persis kotanya Gub DKI Jakarta terdahulu. Sedangkan calon yang lain entah memiliki strategi lain atau memang belum mau ikut meramaikan pesta rakyat Lampung, hanya ada satu yang meramaikan hampir diseluruh jalanan Bandar lampung dengan poster besar bergambarkan wajahnya dan berbagai prestasi yang pernah dia buat selama menjabat sebagai walikota, meski kenyataannya tidak ada yang tahu seperti apa.

Beberapa pertanyaan selalu akan muncul saat melihat geliat calon gubernur ; apakah ini hanya terjadi saat ini saja atau akan berkelanjutan dan menjadi agenda tiap tahun dengan peningkatan kualitas, atau apakah benar yang dituliskan di tiap poster itu benar adanya dimana kenyataannya masih banyak jalanan yang rusak terutama yang berada jauh dari pusat kota, lalu apa hal pertama yang akan dilakukan jika terpilih menjadi gubernur Lampung kelak, lalu apakah boleh adanya transparansi akan bukti nyata kerja sebagai gubernur kelak.

Terlepas dari kegiatan eksibis calon gubernur tersebut, bagaimana dengan kepastian kapan terlaksananya Pilgub Lampung. Menurut salah satu surat kabar yang saya baca, rencana pelaksanaan antara Januari atau Februari 2014 tapi itupun masih belum pasti. Dari yang awalnya Oktober 2013, Desember 2013 yang kesemuanya gagal karena ketiadaan anggaran. Secara logika, apakah saat menetapkan anggaran tahun 2013 dulu tidak terpikirkan akan adanya Pilgub sehingga alokasi anggarannya sudah ditetapkan dan tidak ada alasan ketiadaan anggaran sehingga harus menunggu penetapan anggaran ditahun 2014.

Mungkinkah ada sosok yang mengutamakan hasil kerja nyata dan tidak malu untuk turun langsung melihat rakyatnya? tidak usah muluk-muluk terlalu mengharapkan kota Bandar Lampung menjadi kota besar atau metropolitan, yang lebih penting adalah rakyat Lampung membutuhkan sosok pemimpin bukan hanya sosok manajer saja. Kita sudah memiliki beberapa contoh nyata pemimpin seperti jokowi, bu risma (Walikota Surabaya) yang secara nyata mau turun langsung mengurus rakyatnya tanpa malu dengan jabatannya sebagai pemimpin daerah, mereka melepas barikade pencitraan bahwa seorang pejabat adalah raja, justru mereka menciptakan pemikiran bahwa pejabat merupakan pelayan masyarakat, mereka yang membuat regulasi agar rakyatnya menjadi nyaman dan tenang tinggal di kotanya.

Rakyat Lampung tak lagi membutuhkan pemimpin yang hanya melakukan pencitraan saja, tapi Rakyat Lampung sangat membutuhkan pemimpin yang mampu membuktikan bahwa apa yang dia kerjakan menjadi kenyataan dan mau melihat rakyatnya secara langsung tanpa ada batasan antara pejabat dan rakyat jelata.

Rakyat Lampung mendambakan “jokowi” baru yang memiliki kreatifitas demi kemajuan Provinsi Lampung agar sejajar dengan Provinsi besar lainnya.

Categories: real life | Tags: , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: